Kamis, 10 Januari 2013

BELAJAR EFEKTIF

     
     
            Assalamualaikum teman........perkenalkan saya Titis Semara Dana,,,saya masih kelas 9 smp, tepatnya di smpn 5 kepanjen malang, saya memposting  ini untuk memenuhi tugas pelajaran  sekolah.,,,,maklum baru belajar,,,,,semoga teman-teman suka dengan postingan saya dan semoga teman dapat termotivasi untuk lebih giat belajar,,,

   


         Sebagai seorang pelajar, belajar memang kewajiban kita semua. Tapi masih banyak teman kita yang hanya belajar disaat akan ulangan. memang, banyak teman-teman kita yang menganggap bahwa belajar adalah hal yang membosankan. Tapi bagaimanapun juga belajar adalah kewajiban yang harus kita lakukan. tanpa belajar kita tidak akan bisa dan mengerti apapun. Oleh karena itu banyak cara yang bisa kita lakukan dalam belajar agar lebih efektif dan tidak membosankan. Mungkin saya bisa sedikit berbagi cara dan tips  dalam belajar  :

       

1.Buatlah susunan jadwal belajar

      Membuat jadwal belajar  dapat mempermudah menyelesaikan materi-materi yang lebih mudah dahulu sebelum ke materi yang lebih sulit. tidak itu saja, kita juga dapat memanfaatkan waktu belajar   dengan baik dan teratur


2.Atur tempat belajar

        Carilah tempat belajar yang nyaman. Jauhkan diri kita dari Tv, Hp maupun Bentuk godaanhiburan lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi kita dalam belajar.


3.Ulangi Kembali

            ketika selesai mempelajari satu materi lakukan pengulangan sebelum melanjutkan ke materi sebelumnya ,,seperti membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi itu,,ini dilakukan agar kita mengetahuiapakah kita sudah ingat dan mengerti apa yang baru saja kita pelajari.


4.Minta Bantuan

        ketika menemukan hal yang sulit dalam materi yang kamu pelajari , mintalah bantuan atau tanyakan kepada yang lebih mengerti. seperti teman,kakak, orang tua maupun guru kita.


5.Menantang diri sendiri

        menantang diri sendiri dapat membuat belajar menjadi mengasyikan. karena kita tertantang untuk tetap melakukan lebih baik lagi . oleh karena itu jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita  peroleh..



tetap semangat belajar ya teman....

gantungkan impianmu setinggi-tingginya.....   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar